Berita Sulawesi Barat Terkini

POLEWALI MANDAR

1. Pembangunan Alun-Alun Kota Polewali Terkendala Lahan

Pembangunan alun-alun kota Polewali terkendala karena sengketa lahan sebidang tanah berukuran 700m persegi ini diklaim oleh salah seorang warga yakni Hasan Sulur yang mengaku pemilik lahan tersebut.
Mantan ketua DPRD ini mengatakan, dirinya telah beberapa kali menyurati ke Pemda Polman namun tidak ditanggapi. Bahkan ia juga pernah menemui Bupati Polman namun tidak berhasil, karena sedang berada diluar kota. waktu itu dirinya hanya bertemu dengan wakil bupati Muh. Natsir. Wakil bupati mengatakan akan menyampaikan hal tersebut kepada Bupati.
Baca Selengkapnya…

2. KPU Tetapkan 308.733 Daftar Pemilih Sementara Polewali Mandar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar, menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar 2017 Kabupaten Polewali Mandar, sebanyak 308.733 Jumlah pemilih sementara, yang terdiri 151.002 laki-laki dan 157.731 perempuan, pada 789 TPS tersebar 167 Kelurahan/Desa. Dari jumlah tersebut, Kecamatan Campalagian terbanyak sebanyak 42,962, Kecamatan Wonomulyo 34,368. Kecamatan Matangga 4.350 DPS. Acara penetapan DPS di hadiri PPK, Panwaslih, Tim kampanye Paslon, TNIPOLRI, Pemkab, Disdukcapil,Media, Selasa (1/11/2016).
Baca Selengkapnya…

3. Tanam 2000 Pohon untuk Rehabilitasi Hutan

Pasca kebakaran hutan dan lahan 2015 lalu di Desa Kunyi Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar, Dinas Kehutanan Sulbar bekerjasama Kodim 1402 Polmas dan Desa Kunyi melakukan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL).
Sebanyak 2.000 pohon sengon ditanam di kawasan hutan dan lahan yang rusak akibat kebakaran tahun lalu. Penanaman pohon sengon ini dilakukan, Rabu 2 Oktober dengan melibatkan anggota Kodim 1402 Polmas dan warga desa.
Baca Selengkapnya…

MAMUJU

1. KPU Mamuju Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS)

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/ Kota Mamuju, tengah melakukan Rapat Pleno Terbuka Rekapitalisasi Daftar Pemilihan Hasil Pemutakhiran dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2017.
Rapat Pleno Terbuka yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 02 November 2016, bertempat di Aula Manakarra TV.
Baca Selengkapnya…

2. Pengesahan APBD Perubahan Tunggu Asistensi

Rancangan APBD Perubahan Mamuju 2016 belum juga disahkan menjadi perda. Padahal, proses di DPRD Mamuju telah diselesaikan, baik itu pembahasan maupun pemandangan fraksi.
Ketua DPRD Mamuju St. Suraidah Suhardi mengakui, semua fraksi DPRD Mamuju telah sepakat menerima RAPBD-P itu. Namun, sepekan ini, pihak eksekutif tampaknya belum melakukan upaya percepatan asistensi di Pemrov Sulbar. “Tinggal asistensi yang akan dilakukan oleh pihak eksekutif. Kita tunggu proaktifnya orang-orang dieksekutif untuk mempercepat asistensi RAPBD P di Pemprov,” ungkap Suraidah, Senin 31 Oktober.
Baca Selengkapnya…

3. Polisi Dalami Kasus Pembuangan Bayi

Kasus bayi dibuang kembali terjadi di Mamuju. Bayi berjenis kelamin perempuan ini ditemukan warga di Desa Botteng Kecamatan Simboro, Mamuju, Sulawesi Barat.
Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Mashurah menjelaskan pihaknya masih melakukan proses lidik. Saat ini bayi perempuan itu berada di RS Mitra Manakkarra Mamuju. Ia dalam keadaan sehat di ruangan Neonatal Intensive Care Unit (NICU).Polisi Dalami Kasus Pembuangan Bayi.
Baca Selengkapnya…

4. Ormas Islam Di Mamuju Akan Gelar Aksi 4 November

Pertemuan yang digelar di masjid Fastabiqul Qairat Mamuju pada Selasa 1/11/16 dihadiri oleh sejumlah oragisasi islam diantaranya Pemuda Muhammadiyah, Hisbu Tahrir Indonesia, DPW Wahda Islmiah , Kammi, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Mamuju, Ikatan Alumni Madrasah Aliayah Negri Mamuju serta sejumlah organisasi lainnya berjalan dengan lancar.
Salah satu tokoh Pemuda Muhammadiyah Mamuju Muhammad Rifai dalam pertemuan tersebut mengatakan, pada malam ini kita berkumpul dalam rangka membicarakan persiapan rencana aksi pada tanggal 4 November mendatang sebagai upaya untuk membela Alqur’an.
Baca Selengkapnya…

5. Oktober, Mamuju Deflasi 0,17 Persen

Sebanyak 82 kota di Indonesia bulan Oktober 2016, 42 kota di antaranya mengalami Inflasi serta 32 kota mengalami deflasi. Berdasarkan release berita resmi statisk oleh Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Sulbar mencatatkan Kota mamuju menempati urutan ke-22 dari 34 kota yang mengalami deflasi dengan catatan angka 0,17 persen.
Catatan angka tersebut di sebabkan oleh penurunan Indeks Harga Kelompok (IHK) pengeluaran bahan makanan. Sedangkan untuk enam kelompok pengeluaran tidak mengalami inflasi,yakni kelompok bahan makanan jadi,minuman,rokok dan tembakau 0,77 persen,kelompok perumahan,air,listrik,gas dan bahan bakar 0,10 persen,kelompok sandang 0,02 persen,kelompok pendidikan,rekreasi dan olahraga 0,11 persen,kelompok transport,komukasi dan jasa keuangan 0,04 persen.
Baca Selengkapnya…

MAMUJU TENGAH

1. Wajib Tuntas Pendidikan Dasar

Bupati Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat Aras Tammauni menegaskan bahwa semua anak di kabupaten ini harus tuntas mengikuti pendidikan dasar. Hal itu menjadi tanggung jawab pemerintah.
Tidak ada alasan bagi orangtua tidak menutaskan pendidikan dasar anaknya dari SD hingga SMP. Karena pemerintah tidak lagi melakukan pungutan kepada anak sekolah yang mengikuti pendidikan dasar. “Tidak boleh orang tua tak menyekolahkan anaknya,” tuturnya di sela-sela kunjungan di SD Patulana Budong-budong Kecamatan Topoyo Mateng.
Baca Selengkapnya…

2. KPUD Mateng Gelar Rapat Pleno Penetapan DPS, Ini Data DPS

Sebelum menetapakn Daftar Pemilih Tetap (DPT), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) menggelar rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2017 di kantor KPU Mateng, Rabu (2/11/2016) yang di hadiri oleh seluruh anggota KPU Mateng, Panwas Kabupaten Mateng, PPK se Kabupaten Mateng, masing-masing tim pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Mateng.
Berdasarkan berita acara nomor 028/BA/Kpu-Kab/XI/2016 tentang rekapitulasi DPS pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2017, Kecamatan Budong-budong dengan jumlah desa 11, TPS 56, jumlah pemilih laki-laki 7.773, perempuan 7.357 total 15.130. Kecamatan Karossa, jumlah desa 11 jumlah TPS 50, jumlah pemilih laki-laki 7.325, perempuan 6.702. total 14.027. Kecamatan Pangale dengan jumlah desa 9, 34 TPS dengan jumlah pemilih laki-laki 4.532, perempuan 4.428. total 8.960. Kecamatan Tobadak dengan jumlah desa 8, 51 TPS dengan ju,lah pemilih laki-laki 9.449, perempuan 8.450 total 17.899. Kecamatan Topoyo dengan jumlah desa 15, TPS 59, dengan jumlah pemilih laki-laki 8.903, perempuan 8.356 total 17.259.
Baca Selengkapnya…

SULAWESI BARAT

1. BPS : Angka Penerbangan di Sulbar Menurun 6.61 Persen

Jumlah penerbangan melalui dua Bandara di Mamuju yaitu Tampa Padang dan Sumarorong mengalami penurunan sebesar 6.61 persen dengan catatan sebanya 226 kali penerbangan selama bulan September. Hal tersebut diketahui setelah Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat merilis Berita Resmi Statistik di Mamuju, Selasa(1/11).
Kepala BPS Sulbar Suntono menjelaskan berbeda pada bulan sebelumnya yang jika di bandingkan pada bulan ini tercatat dengan penurunan sebesar 20.27 persen serta sebanyak 242 kali penerbangan bulan Agustus.
Baca Selengkapnya…

2. Inilah Proyeksi Kenaikan UMP Sulbar, Jakarta Tertinggi

Seluruh gubernur wajib mengumumkan penetapan upah minimum provinsi (UMP) 2017 hari ini.
Terutama gubernur di 17 provinsi yang sebelumnya tidak menggunakan formula PP 78/2015 tentang Pengupahan sebagai acuan menetapkan UMP.
Provinsi itu antara lain, Kalteng, Sulut, Sulteng, Maluku, Papua Barat, Sulbar, Bengkulu, Riau, DKI Jakarta, Kaltim, Sulsel, Kalimantan Utara, Lampung, Sultra, Maluku Utara, Sumsel, dan Papua.
Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sudah memperingatkan 17 provinsi tersebut untuk patuh terhadap PP 78.
Baca Selengkapnya…

Lihat Berita Tentang Sulawesi Barat Lainnya…

facebooktwittermailby feather

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*