Berita Mamuju Hari Ini

1. PERTAHANKAN NILAI-NILAI BUDAYA MASYARAKAT ADAT

“Pemkab Akan Bentuk Desa Adat”
IMG_2561Defenisi atau istilah tentang “Masyarakat Adat” dari waktu ke waktu telah mengalami perubahan dan mengundang perdebatan di kalangan para pakar dengan latar belakang keilmuan yang berbeda. Tak heran jika banyak istilah yang dilekatkan pada masyarakat yang masih tunduk dan patuh terhadap tertib sosial dengan berbagai kekhasan-nya sendiri, misalnya masyarakat suku, masyarakat asli, masyarakat tradisional, masyarakat lokal, masyarakat adat hingga masyarakat hukum adat.
Kegiatan yang berlangsung di ngalo rock cave, (27/10) yang bertemakan “Masyarakat Adat” merupakan kerjasama dari perkumpulan PAHAM yang tergabung dalam konsorsium perhutanan sosial sebagai mitra MCA-Indonesia, khususnya dalam isu pengakuan dan perlindungan hukum adat, telah melibatkan Pemerintah Daerah Anggota DPRD dan para tokoh masyarakat, dalam pandangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju dalam hal ini Wakil Bupati Mamuju H. Irwan SP Pababari, mengenai Masyarakat Adat mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan ini serta ingin mempertahankan nilai-nilai budaya yang ada di daerah ini.
Baca Selengkapnya…

2. Wakil Bupati Isyaratkan Era Keemasan Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah kebangkitan bangsa Indonesia dalam meraih Kemerdekaan, melalui kontribusi pemuda kala itu tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta melahirkan suatu keputusan tersebut. Olehnya itu, untuk terus mengingat perjuangan pemuda kala itu, setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya diperingati hari Sumpah Pemuda.
Dengan tema “Pemuda Indonesia Menatap Dunia” peringatan Sumpah Pemuda yang ke 88 pada tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Mamuju menyelenggarakan Upacara Sumpah Pemuda di Lapangan Ahmad Kirang Mamuju pada jumat (28/10), upacara tersebut diikuti Jajaran Kepolisian Polda Sulbar dan Polres Mamuju, Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten Mamuju, Mahasiswa dan Siswa-Siswi Sekolah yang ada di Kabupaten Mamuju.
Baca Selengkapnya…

3. Seruan Aktivis Pemuda di Hari Sumpah Pemuda

Peringatan Sumpah Pemuda yang yang jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya dimaknai sebagai tanda awal kebangkitan Pemuda di Nusantara dalam meraih Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Jika zaman sebelum Indonesia Merdeka, Pemuda tergabung dalam organisasi yang pada eranya sangat familiar seperti, Jong Selebes, Jong Ambon, Jong Java dan organisasi kedaerahan lainnya, berbeda dengan sekarang, sudah banyak organisasi Kepemudaan yang ikut andil dalam pembangunan Daerah.
Ditemui setelah Upacara Peringatan Sumpah Pemuda pada jumat (28/10), beberapa aktivis Pemuda yang ada di Kabupaten Mamuju menyerukan bahwa Pemuda yang ada Mamuju sangat berkontribusi dalam Pembangunan dan Peningkatan yang terjadi di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat ini.
Baca Selengkapnya…

4. 3 Paslon Gubernur Sulbar Deklarasi Kampanye Damai

Bertempat dianjungan pantai manakarra Mamuju, KPU Sulbar menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat tahun 2017 dirangkaikan dengan penanaman pohon demokrasi.
Kegiatan yang dihadiri seluruh Komisioner KPU Sulbar juga dihadiri Gubernur Sulbar H. Anwar Adnan Saleh dan Wakilnya Aladin S Mengga, serta masing-masing pendukung, simpatisan dan Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 1, Suhardi Duka dan Kalma Katta, nomor urut 2, Salim S Mengga dan Hasanuddin Mas’ud, nomor urut 3, Ali Baal Masdar dan Enny Anggraeny Anwar serta tamu undangan lainnya. Jumat (28/10).
Baca Selengkapnya…

Lihat Berita Tentang Mamuju Lainnya…

facebooktwittermailby feather

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*